Tips Bagaimana Cara Puasa Ramadhan Agar Lebih Khusu


Tak terasa sebentar lagi bulan ramadhan. Bagi umat muslim, tentunya ini merupakan bulan yang sangat didambakan. Karena di bulan ini, setiap muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa, dan berbagai ibadah lain, yang pahalanya akan dilipatgandakan.
Untuk bisa menunaikan ibadah puasa dengan sempurna hingga sebulan lamanya, tentunya juga harus didukung fisik yang kuat. Apa saja hal yang harus dilakukan agar badan sehat dan kuat menjalankan puasa ini tipsnya.
Niat
Sebelum menunaikan ibadah puasa, ada baiknya anda bulatkan tekad, niat untuk menunaikan ibadah puasa. Sebab, suatu hasil yang sempurna, biasanya akan sebanding dengan niat dan kerja kerasnya.
Jaga kesehatan
Untuk bisa melakukan ibadah puasa dengan sempurna, pandai - pandailah anda menjaga kesehatan tubuh dengan cara rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta istirahat yang cukup. Mudah - mudahan, dengan anda  melakuan hal ini, badan anda pun akan sehat, dan siap untuk menjemput bulan yang penuh berkah.
Makan sahur diakhir waktu dan mengawali berbuka puasa
Sebaiknya lakukanlah makan sahur menjelang imsak sahur. Tujuannya agar energi yang tersimpan dalam tubuh lebih banyak, sehingga akan lebih kuat menahan lapar pada siang harinya. Selain itu, makanlah secukupnya agar anda tidak mudah lelah dan mengantuk.
Makan makanan karbohidrat kompleks
Jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, oat, jeruk, apel, anggur, brokoli, wortel, selada, bayam, ubi, kentang, ubi, kacang merah, kedelai, dan kacang polong, memiliki kandungan gizi yang tinggi, namun tidak bisa langsung dicerna karena tersusun dari rangkaian kompleks yang harus dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat kompleks sendiri akan membuat kita merasa kenyang lebih lama dibanding dengan jenis sumber makanan lain, oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi makanan ini secukupnya.
Makanan makanan berprotein tinggi dan mengandung lemak jenuh ( HDL)
Selain karbohidrat, untuk menjaga keseimbangan gizi yang dibutuhkan tubuh saat puasa, konsumsilah makananan yang mengandung protein, sebab, selain mampu menahan lapar lebih lama, juga dapat mencegah katabolisme (penyusutan) otot. Adapun berbagai makanan tersebut antara lain putih telur, ikan, ayam, daging, dan kacang - kacangan.
Selain itu, konsumsilah makanan yang mengandung lemak jenuh ( HDL ) seperti ikan, alpukat, kacang – kacangan, dan minyak zaitun, sebab selain bermanfaat sebagai sumber energi, lemak jenuh juga bermanfaat menurunkan kolesterol dan mencegah resiko sakit jantung. Jangan lupa, kurangi makanan – makanan yang asin atau mengandung garam secara berlebihan, sebab, tubuh anda akan terasa lebih cepat mengalami dehidrasi dan lebih cepat merasa lapar. 
Konsumsi air putih secukupnya
Sekitar 80 persen tubuh manusia terdiri dari air, dan setiap harinya, sekitar 2 liter air dikeluarkan tubuh kita melalui kulit, paru-paru, usus, dan ginjal. Untuk menggantinya agar tidak terjadi dehidrasi dan berujung sakit, maka minumlah air sekitar 8 gelas, atau sekitar 2 liter air per hari. Untuk
Namun, sebaiknya konsumsi air sesuai kebutuhan tubuh kita, yakni tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita. Misalnya berat badan kita 50 kg, maka jangan konsumsi air lebih dari 1,5 liter air.
Rajin berolahraga
Meskipun puasa, jangan lupa berolahraga ya, sebab akan menjadikan tubuh kita sehat dan bugar. Pilihlah waktu terbaik seperti menjelang berbuka puasa, sebab anda bisa langsung minum atau mengkonsumi makanan jika anda merasa haus atau lapar.
Segera berbuka puasa
Setelah seharian berpuasa, tentunya tubuh kita akan terasa lemas dan haus karena sangat membutuhkan nutrisi untuk proses metabolisme secara normal kembali. Jika waktu buka puasa tiba, maka segeralah minum air putih. Setelah itu, minumlah teh manis hangat serta konsumsi makanan ringan yang manis secukupnya. Untuk menambah gizi, sebaiknya konsumsilah makanan berat atau makanan yang mengandung gizi banyak, setelah anda menunaikan sholat tarawih. Hal ini selain baik untuk kesehatan, juga agar membuha khusyu ibadah anda. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga bisa menjalankan dengan sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar